Minggu, 20 Mei 2012

Tips dan Cara Menulis Novel dalam 100 Hari

Oleh: John Coyne

Pendahuluan

Berapa kali setelah selesai membaca sebuah novel Anda berkata, “Saya bisa menulis buku seperti ini.” Tahukah Anda bahwa Anda benar. Kita semua, saya yakin, memiliki sedikitnya satu novel di dalam pikiran atau hati kita. Penulis novel Toni Morrison mengatakannya seperti ini: “Jika ada satu buku yang benar-benar ingin Anda baca dan belum pernah ada yang menulis sebelumnya, maka Anda harus menulisnya.”

Menulis buku bukan hal yang mudah. Namun, setiap hari selalu ada buku yang diterbitkan.

Pada tahun 1996, menurut Books in Print, ada 1,3 juta judul buku diterbitkan. Jumlah buku yang diterbitkan di Amerika Serikat pada tahun 1996 saja berjumlah 140.000. Jadi, mengapa Anda tidak mulai melakukannya?


Apa yang Diperlukan?

Saya yakin jika Anda bisa menulis sebuah kalimat yang sederhana (terlebih, inilah yang ditulis oleh Ernest Hemingway), mengamati dunia di sekitar Anda, dan ingin menulis novel yang bisa dijual—sungguh-sungguh menginginkannya, bukan hanya sekedar menginginkan saja—maka Anda pasti bisa melakukannya. Saya tidak percaya orang bisa menjadi penulis dengan mengikuti workshop, membaca buku, atau bahkan membaca artikel ini. Tulisan muncul dari sesuatu yang ada dalam diri seorang penulis. Bagaimanapun, artikel ini akan menghemat waktu Anda, menunjukkan jalan yang tepat kepada Anda, dan membantu Anda menulis novel dalam waktu 100 hari atau kurang.

Apakah Mungkin?

Hal ini telah terbukti. Saya telah melakukannnya beberapa kali. Saya tahu bagaimana rasanya meluangkan waktu satu atau jam sehari (atau semalam) untuk menulis. Sungguh tidak mudah untuk menulis novel, apalagi jika Anda memiliki pekerjaan tetap, keluarga, dan tanggung-jawab, namun hal itu bisa dilakukan. Kebanyakan penulis faktanya harus menjalani dua kehidupan saat mereka menulis novelnya. Namun, begitu Anda berhasil menjual buku pertama Anda, maka Anda memiliki kemampuan untuk meninggalkan pekerjaan harian Anda dan mengabdikan sisa hidup Anda untuk menulis secara total.

Para penulis besar telah melakukannya!

Tentu saja Anda mempunyai pekerjaan. Tentu saja Anda memiliki keluarga. Namun kedua hal itu tidak menghalangi para penulis besar di masa lalu. Penyair Wallace Stevens bekerja sebagai wakil direktur sebuah perusahaan asuransi dan seorang pakar di bidang pasar obligasi. T.S. Elliot muda awalnya adalah seorang bankir. William Carlos Williams merupakan seorang dokter anak. Robert Frost adalah seorang pemilik peternakan ayam. Hart Crane bekerja membungkus permen di gudang ayahnya, dan kemudian bekerja menulis teks iklan. Stephen Crane bekerja sebagai koresponden perang. Marianne Moore bekerja di Perpustakaan Umum New York. James Dickey bekerja di sebuah biro iklan. Archibald MacLeish adalah Direktur Kantor Fakta dan Angka selama Perang Dunia II

Mulailah dengan perasaan murni

Apa yang membuat seseorang menjadi penulis? Mungkin hal itu didorong oleh sebuah peristiwa—peristiwa yang terjadi di tahap awal kehidupan dan membentuk ketertarikan dan kesadaran-diri sang penulis.

Ambil contoh kasus Jose Saramago, penulis berbahasa Portugis pertama yang menerima Hadiah Nobel Sastra. Putera seorang petani dan seorang ibu yang buta huruf ini dibesarkan di sebuah rumah yang tidak memiliki buku, dan dibutuhkan waktu hampir 40 tahun baginya untuk beralih dari buruh pabrik logam ke pegawai pemerintahan ke editor penerbitan hingga ke editor surat kabar. Usianya telah menginjak 60 tahun saat ia mulai menerima pengakuan di dalam dan luar negeri dengan dua karyanya, Baltasar dan Blimunda.

Saat masih kanak-kanak, ia menghabiskan liburan di rumah kakeknya di desa yang bernama Azinhaga. Saat kakeknya menderita stroke dan dibawa ke Lisbon untuk dirawat, Saramago masih bisa mengingat peristiwa yang terjadi kala itu, “Ia pergi ke halaman rumahnya, di mana tumbuh segelintir pohon, pohon fig, pohon zaitun. Lalu ia mendatangi mereka satu persatu, memeluk pohon tersebut dan menangis, mengucapkan selamat tinggal kepada mereka karena ia tahu tidak akan pernah kembali. Jika Anda menyaksikan hal itu, hidup dengan hal itu, dan hal itu ternyata tidak meninggalkan kesan apa-apa dalam hidup Anda selanjutnya,” ucap Saramago, “maka Anda tidak mempunyai rasa.”

Mulailah dengan perasaan murni. Ubahlah hal itu menjadi prosa.

Mari kita mulai!

Sinclair Lewis diundang untuk berbicara di hadapan sejumlah mahasiswa tentang seni menulis. Ia berdiri di muka kelas dan bertanya, “Berapa banyak dari Anda yang sungguh-sungguh serius ingin menjadi penulis?” Sejumlah orang mengangkat tangan. Lewis kemudian bertanya, “Jadi, mengapa Anda semua tidak pulang ke rumah dan menulis?” Setelah mengucapkan hal itu ia pun pergi keluar dari ruangan. Jadi kini saatnya bagi Anda untuk menulis.

Pada artikel berikutnya saya akan memberikan catatan harian untuk Anda—setiap hari akan berisi kata-kata dorongan, nasihat, atau petuah, atau tugas yang harus Anda lakukan agar buku Anda bisa ditulis. Ini adalah hal-hal apa saja yang perlu Anda lakukan setiap hari selama seratus hari ke depan untuk menulis novel Anda.

Hari Pertama


Editor dan penulis New Yorker terkenal, E.B. White menyampaikan pidato berikut saat diganjar Medali Sastra Nasional, “Keberanian seorang penulis bisa dengan mudah membuatnya gagal … Saya kagum dengan siapapun yang memiliki nyali untuk menulis tentang apapun jua.”

Pada hari pertama ini, buatlah janji dengan diri Anda sendiri bahwa Anda akan melakukannya. Hal ini sangat penting. Tanpa adanya komitmen ini, akan lebih baik jika Anda menyimpan pena dan kertas Anda. Hal itu tidak akan berhasil. Ingat, menulislah sesering mungkin. Itulah yang dilakukan oleh seorang penulis—mereka menulis

Hari kedua

Luangkan waktu khusus untuk menulis. Hal ini penting karena selama menulis novel, Anda akan kehilangan semangat, bosan, marah, atau jenuh, dan saat Anda mulai merasakan semuanya itu, Anda memerlukan sebuah pola yang jelas untuk menjaga Anda tetap bekerja.

Sesekali Anda mungkin harus memindahkan jam penulisan Anda untuk mengakomodasi kebutuhan lain dalam hidup Anda, namun berusahalah agar penulisan dilakukan seteratur mungkin.

Apa yang saya maksud dengan waktu khusus?

Dua jam setiap pagi dan setiap malam, dan delapan jam satu hari setiap akhir pekan, misalnya. Putuskan berapa banyak waktu yang akan Anda luangkan untuk menulis setiap minggu, lalu jalankan hal itu. Banyak calon novelis yang gagal karena menyusun jadwal yang tidak bisa mereka tepati. Bersikap realistislah dengan waktu yang Anda rencanakan, lalu jalankan sesuai dengannya.

Hari ketiga

Pada minggu pertama ini, putuskan cerita yang akan Anda tulis. Anda mungkin belum menyusun semua detilnya, namun pada hari ini Anda akan memulai prosesnya. Anda tidak akan melakukan penundaan—karena penundaan adalah musuh Anda. Matisse menasihati muridnya, “Jika Anda ingin menjadi seorang pelukis, potong lidah Anda.” Sekarang adalah waktunya untuk berhenti berbicara ingin menulis novel. Mulailah merencanakannya saat ini juga.

Hari Keempat

Jenis novel apa yang menarik di mata Anda? Apa yang benar-benar membuat Anda tertarik? Apakah cerita mengenai misteri pembunuhan, fiksi ilmiah, horor, roman, atau fiksi secara umum.

Alice Munro dipandang oleh banyak orang sebagai penulis cerita pendek terbaik dalam bahasa Inggris. Bukunya terjual 30.000 eksemplar setiap tahun. Ia adalah seorang penulis yang dikagumi oleh penulis lainnya berkat keterampilan teknis dan kemurnian gaya yang dimilikinya. Ia juga dikenal karena ceritanya yang memiliki struktur yang sangat kompleks. Cerita yang ditulis Alice Munro biasanya akan dimulai pada satu titik yang dipandang oleh kebanyakan penulis lain sebagai bagian akhir, lalu melompat sepuluh tahun kemudian, dan akhirnya kembali lagi ke masa lalu. Namun yang paling menarik dari diri Alice Munro—yang tinggal di sebuah kota kecil di Kanada selatan—adalah ceritanya selalu berkisah tentang orang-orang biasa: rahasia mereka, kenangan mereka terhadap tindak kekerasan di masa lalu, hasrat seksual mereka.

Pikirkan tentang apa yang akan ditulis dari orang-orang di sekitar Anda, dari apa yang Anda kenal dan Anda anggap penting.

Hari Kelima

Tidak menjadi soal buku jenis apa yang akan Anda tulis. Tidak ada aturan baku kecuali cerita Anda harus sangat, sangat menarik. Kisahnya bisa menarik, menyeramkan, menyenangkan, lucu, atau sedih—namun satu hal yang pasti, ceritanya tidak boleh membuat pembaca merasa bosan.

Hari Keenam
Analisa dan pelajari. Ambil satu novel favorit Anda yang bergenre sama dengan yang ingin Anda tulis, dan baca ulang, seolah-olah itu adalah buku panduan cara menjadi seorang miliuner. Lalu baca kembali, bagi buku tersebut ke dalam bagian-bagian. Jabarkan adegan di dalamnya pada selembar kertas lebar, lalu tempelkan di dinding kantor Anda.

Hari Ketujuh

Meskipun tidak ada aturan baku tentang ide cerita, saya ingin memberi satu peringatan kepada Anda: berpikirlah kecil. Salah satu kesalahan terbesar kebanyakan calon novelis adalah berpikir besar, berusaha menulis kisah yang luar biasa hebat, karena menganggap besar berarti lebih baik. Hal itu tidak benar. Jaga ide cerita Anda tetap kecil dan fokus.

Pergi ke dalam jiwa kreatif Anda dan cari satu cerita kecil namun memiliki arti nyata bagi Anda. Kita semua bagian dari umat manusia. Jika Anda menulis satu cerita yang memiliki arti besar bagi Anda, maka kemungkinan besar hal itu juga akan memiliki arti mendalam bagi kita semua.

Hari Kedelapan

Peniruan bisa mengarah pada orisinalitas. Lakukan latihan singkat meniru aneka gaya yang berbeda. Cobalah berbagai suara sampai Anda menemukan satu yang paling sesuai. Tirulah karya seorang pakar yang sudah terbukti. Namun ingat satu hal: tulislah berdasarkan pengalaman Anda sendiri. Pengalaman Anda bersifat unik. Sebagaimana yang ditulis John Braine, penulis Room at the Top, “Jika suara Anda akan terdengar di antara ribuan suara lainnya, jika nama Anda akan berarti di antara ribuan nama lainnya, hal itu terjadi semata-mata karena Anda telah menyajikan pengalaman Anda dengan jujur.”

Hari Kesembilan

Jangan takut menulis adegan atau bagian yang tidak mengarah kemanapun. Jangan buang satu adegan atau bagian sekalipun mereka sepertinya tidak mengarah kemana-mana. Ikuti nasihat Joan Didion. Ia menempel adegan tersebut di papan dengan maksud menggunakannya di kemudian hari.

Pada awal penulisan novelnya, A Book of Common Prayer, Didion mengisahkan, ia menulis adegan Charlotte Douglas pergi ke bandara. Adegannya berisi beberapa halaman prosa yang sangat disukainya, namun ia tidak bisa menemukan tempat untuk menyimpannya [di dalam novelnya]. “Saya terus mengambil adegan ini dan meletakkannya di berbagai tempat berbeda,” tulisnya, “namun adegan ini terus mengganggu narasi; dan selalu salah ditempatkan dimanapun, namun saya bertekad untuk tetap menggunakannya.” Akhirnya ia menemukan satu tempat untuk adegan ini di bagian tengah bukunya.

“Terkadang Anda bisa mendapatkan solusi dan jalan keluar di pertengahan buku.”

Hari Kesepuluh

Sebelum kita beranjak dari persoalan menemukan cerita untuk Anda, izinkan saya membongkar satu klise lain tentang penulisan novel: Tulislah sesuatu yang Anda tahu.

Anda pasti pernah mendengarnya sebelumnya. Hal itu tidak sepenuhnya benar. Tom Clancy tidak pernah menjadi komandan kapal selam sebelum ia menulis novel The Hunt For Red October. Dan saya berani bertaruh bahwa Richard Bach belum pernah menjadi burung camar (seagull) sebelum ia menulis cerita Jonathan Livingston Seagull.

Daripada menulis sesuatu yang Anda tahu, Anda bisa mencoba menulis sesuatu yang Anda sukai. Topiknya bisa apa saja, tapi Anda menyukainya. Sebagai contoh, Arthur Golden, penulis Memoirs of a Geisha, pernah tinggal di Jepang dan bekerja di majalah berbahasa Inggris di Tokyo saat pada tahun 1982 ia mendapat ide menulis novel Memoirs. Pada tahun 1986, setelah meraih gelar dalam bidang penulisan kreatif dari Universitas Boston, ia mulai melakukan penelitian tentang Geisha dan menemukan “sebuah sub-budaya yang mempunyai aturan sendiri yang unik.” Dibutuhkan waktu sepuluh tahun dan beberapa draft sebelum ia berhasil menjual buku tersebut kepada Alfred A. Knopf seharga US$ 250.000.

Hari Kesebelas

Mulailah dengan menulis sesuatu yang Anda tahu, jika bukan tentang novelnya sendiri, maka sesuatu tentang tempat atau orang di novel Anda. Akan jauh lebih mudah memulai penulisan buku jika Anda menulis tentang orang-orang, tempat, dan sesuatu yang telah Anda kenal baik.

Hari Kedua Belas

Pertama-tama, tentukan karakter/tokoh cerita Anda, karena karakter jauh lebih sulit ditentukan daripada ceritanya.

Saat menulis, plot cerita bisa berubah atau tetap sama, namun karakternya akan berkembang dan memiliki kehidupan sendiri. Saat karakter Anda berkembang, mereka akan memiliki kepribadian yang berbeda, dan sama seperti seorang sahabat, Anda akan tahu apa yang akan mereka lakukan atau tidak lakukan pada situasi tertentu.

Penulis cerita misteri Oakley Hall mengatakan, seorang penulis harus “mendengarkan tuntutan atau keinginan karakternya, yang ketika mulai hidup, bisa menuntut jalan hidup yang berbeda dari yang dibutuhkan pada awalnya.

Hari Ketiga Belas

Ambil setumpuk kartu berukuran 5x7 dan tulis masing-masing nama karakter Anda di bagian atasnya. Lalu, pikirkan peranan apa yang akan dimainkan mereka dalam cerita Anda, tipe orang seperti apa mereka: usia, pendidikan, tempat kelahiran, keras kepala, lucu, gemuk, jelek. Apa kebiasaan unik mereka$3F Apakah mereka biasa mencuci tangannya 500 kali sehari? Apakah mereka suka mendengar suara-suara aneh? Apakah mereka baik hati terhadap anak-anak namun senang menyiksa kucing? Tuliskan semuanya, tuliskan sebanyak-banyaknya sampai Anda mulai mengenal masing-masing karakter tersebut secara mendalam. Alfred Hitchcock biasa menuliskan adegan ceritanya pada kartu indeks, satu adegan dalam satu kartu. Dengan cara itu, sebagaimana yang dikatakannya, saat ia mulai membuat film, pekerjaannya sudah selesai.

Beberapa dari karakter tersebut akan menjadi tokoh utama, di mana ceritanya akan berkisar di sekitar mereka; karakter lainnya akan memainkan sedikit peran, namun hal ini pun sangat penting, karena setiap pemain harus memiliki alasan mengapa mereka hadir dalam cerita tersebut. Jika tidak mempunyai alasan mengapa harus hadir dalam novel Anda, mereka akan memperlambat cerita Anda, dan hal-hal yang sifatnya lambat akan membuat pembaca merasa bosan.

Hari keempat Belas


Kebanyakan novel ditulis berdasarkan sebuah rumus, terutama buku laris besar. Sebagai contoh, John Baldwin, salah seorang penulis The Eleventh Plague: A Novel of Medical Terror, mengembangkan sebuah rumus sederhana yang ia gunakan untuk membuat struktur novelnya.

Rumus sepuluh langkahnya adalah:

1. Pahlawannya harus seorang yang ahli.

2. Penjahatnya harus seorang yang ahli.

3. Anda harus melihat kejahatan dari sudut pandang sang penjahat.

4. Pahlawannya memiliki pendukung sekelompok ahli di berbagai bidang.

5. Dua atau lebih anggota tim harus jatuh cinta.

6. Dua atau lebih anggota tim harus mati.

7. Penjahatnya harus mengubah perhatiannya dari sasaran awalnya kepada tim.

8. Penjahat dan pahlawannya harus hidup untuk bertarung kembali pada sekuel lanjutannya.

9. Semua kematian harus dimulai dari individu kepada kelompok: misalnya, jangan pernah mengatakan bahwa bom meledak dan 15.000 orang mati. Mulailah dengan “Jamie dan Suzy berjalan di taman bersama nenek mereka saat bumi terbuka.”

10. Jika Anda tidak maju-maju, bunuh salah satu tokohnya.

Rumus tambahan. Saat Ernest Hemingway memulai karirnya sebagai reporter muda untuk surat kabar Kansas City Star, ia diberi lembaran gaya penulisan dengan empat aturan dasar:

- Gunakan kalimat pendek.

- Gunakan paragraf pertama yang pendek.

- Gunakan bahasa Inggris yang bersemangat

- Bersikap positif, jangan negatif

Saat ditanya tentang aturan ini bertahun-tahun kemudian, ia berkata, “Itu adalah aturan terbaik yang pernah saya pelajari di bidang tulis-menulis. Saya tidak pernah melupakannya. Tidak ada seorangpun yang memiliki bakat, yang merasakan dan menulis hal-hal yang ingin dikatakannya dengan sebenarnya, akan gagal menulis sesuatu jika ia terikat dengan rumus di atas.”

Hari Kelima Belas

Kembangkan karakter dan plot Anda secara bersama-sama. Anda tidak bisa melakukan yang satu dengan baik tanpa yang lain. Karakter Anda bukanlah orang-orangan kayu yang jatuh begitu saja dari langit. Mereka adalah unsur penting drama yang Anda buat. Mereka harus melakukan sesuatu yang logis atau tidak logis (yang menjadi inti plot) yang akan menambah cerita Anda, dan membawanya menuju klimaks. Jangan pernah, jangan pernah memisahkan karakter dari plot.

Hari Keenam Belas

Pembaca harus percaya bahwa karakter Anda benar-benar ada atau mungkin ada—dan mereka harus digambarkan secara berbeda. Dan tidak ada cara yang lebih baik dalam mendefinisikan karakter selain tindakan mereka, tujuan mereka dalam hidup. Tujuan mereka bisa baik atau buruk. Hal itu tidak menjadi soal. Yang paling penting adalah pembaca melihat tindakan dan tujuan mereka, mempercayai mereka, dan terus-menerus merasa tertarik dengan mereka.

Jangan menulis cerita yang berisi ribuan orang. Tulis cerita tentang satu, dua, atau tiga karakter yang mudah diingat, dan semuanya memiliki tujuan.

Hari Ketujuh Belas

Anda membutuhkan seorang protagonis yang kuat. Kebanyakan penulis mengalami kesulitan menciptakan karakter yang lebih besar dari hidup, dikembangkan secara penuh, dan seorang protagonis yang konsisten.

Ingat, protagonis adalah karakter utama cerita Anda. Ia adalah orang yang para pembaca akan mengidentifikasikan diri mereka dengannya. Anda ingin pembaca Anda peduli dengan protagonis Anda. Ia adalah sahabat baru Anda sekarang.

Hari Kedelapan Belas

Pikirkan siapa yang akan diperlukan dalam cerita Anda dan apa yang akan mereka lakukan secara bersama-sama atau kepada satu sama lain, dan apa yang akan dilakukan oleh cerita kepada mereka. Apakah mereka semua berjalan ke arah yang sama? Apakah mereka berjalan ke enam arah yang berbeda? Tanyakan kepada diri Anda pertanyaan penting ini: Siapa yang akan tampil paling menarik di hadapan pembaca? Inilah pengujian penting dan nyata dalam pengembangan karakter dan pembuatan plot. Apakah pembaca Anda akan merasa tertarik? Apakah mereka akan peduli?

Agar pengembangan plot dan karakter berhasil, Anda perlu membuat pilihan yang sulit. Anda harus bersikap kejam terhadap karakter dan cerita Anda. Siapa yang akan ada di dalam, siapa yang akan di luar? Apa yang akan ada di dalam, apa yang akan di luar?
Sejujurnya, di tempat inilah kebanyakan calon novelis akan berhenti dan gagal. Mereka tidak bisa memaksa dirinya untuk membuat pilihan. Mereka merasa kagum atau lumpuh oleh kemungkinan yang ada di hadapan mereka.

Jangan coba-coba melakukan hal itu. Cobalah bersikap kejam. Tentu saja, Anda bisa mencoba berbagai pilihan berbeda, namun gerakkan cerita tersebut ke depan berdasarkan kejadian demi kejadian, dengan membawa masing-masing karakternya bersama Anda. Ketika masing-masing kejadian terungkap, setiap karakter harus bereaksi terhadap hal itu. Sebagaimana yang akan mereka lakukan dalam kehidupan nyata.

Jika seorang anak tertabrak dan tewas oleh sebuah mobil, kehidupan pengemudinya akan berubah untuk selamanya, begitu pula dengan kehidupan orang tua, kehidupan saudara kandungnya, teman, bahkan penjaga atau orang-orang yang kebetulan berada di sana. Anda harus memutuskan bentuk perubahan tersebut. Anda harus memutuskan. Ini adalah kesempatan Anda bermain sebagai “Tuhan“—dan jika Anda akan menulis maka Anda harus memainkan peran itu. “Tuhan“ ada dalam detilnya, dan “Tuhan“ memutuskan jalan novelnya.

Hari Kesembilan Belas
Teruslah mengajukan pertanyaan, “mengapa?” Saat Anda sampai pada akhir minggu kedua menentukan karakter, Anda akan memiliki setumpuk kartu karakter berukuran 5x7 yang menampilkan detil mendalam mengenai kehidupan pribadi karakter dalam cerita Anda, hingga ukuran pinggang dan warna favorit mereka. Novelis Vladimir Nabokov menyusun semua novelnya berdasarkan kartu indeks.

Hari Kedua Puluh

"Suara” Anda adalah suara Anda. “Gaya” Anda adalah gaya Anda. Jangan mencoba “meniru” sejumlah penulis terkenal. Banyak penulis pemula yang merasa harus menambahkan sesuatu pada “suara” mereka di atas halaman yang dicetak. Anda yang ada di halaman tersebut adalah Anda dalam kehidupan sebenarnya, sama rumitnya, sama duniawinya, atau sebaliknya. Ini bukan soal. Teruslah menulis dan terus membuang hal-hal buruk dan tidak nyaman yang mungkin masuk ke dalam tulisan Anda. Bersikap alamiah. Sebagaimana yang ditulis oleh novelis Prancis, René de Chateaubriand, "Penulis tulen bukanlah orang yang meniru seseorang, namun orang yang bisa ditiru oleh orang lain."

Hari Kedua Puluh Satu


Siapkan kerangka kasar yang berisi aksi cerita Anda mulai dari Bab Satu hingga bagian akhir. Novelis Katherine Anne Porter menyebutkannya seperti ini, "Jika saya tidak tahu akhir dari sebuah cerita, maka saya tidak akan memulai." Tulis paragraf terakhir novel Anda dan simpan di dalam laci. Pada akhir hari keseratus, mari kita lihat seberapa dekat Anda mengikuti imajinasi Anda.

Hari Kedua Puluh Dua


Jangan melakukan apapun--benar-benar apapun--pada novel Anda dalam pengertian penulisan yang sebenarnya sampai proses penyusunan plot Anda (bersama dengan karakter dan peran mereka dalam drama) telah selesai dan dituangkan di atas kertas.

Jangan menjadi korban ucapan penulis kawakan: "Saya memulai dengan ide dasar dan beberapa karakter. Saya tidak tahu kemana arah tujuan saya. Saya membiarkan karakternya bercerita untuk saya." Hal ini mungkin bisa berhasil untuk novelis brilian dan berpengalaman, namun kebanyakan kita membutuhkan peta jalan yang jelas jika tidak ingin membuat diri kita dan pembaca tersesat.

Hari Kedua Puluh Tiga

Gantung kartu dan kerangka yang telah Anda buat di kantor atau kamar Anda agar mudah dibaca.

Hari Kedua Puluh Empat


Halaman yang ditulis dengan baik, lebih digerakkan oleh karakter dan bukan oleh plot, serta memiliki awal, pertengahan dan akhir yang jelas merupakan keinginan editor (dan juga pembaca).

Hari Kedua Puluh Lima


Anda sekarang telah memiliki:

1. komitmen

2. jadwal kerja

3. ide cerita

4. tokoh karakter

5. plot detil mengenai keseluruhan cerita

6. deskripsi singkat mengenai tema novel Anda.

Hari Kedua Puluh Enam

Tetapkan sasaran untuk diri Anda sendiri untuk menulis sedikitnya empat halaman sehari. Yakni 300-325 kata, spasi ganda. Beberapa hari Anda akan menulis satu halaman; pada hari lainnya Anda akan menulis lima belas halaman. Usahakan untuk merata-ratakan setidaknya empat halaman per hari.

Hari Kedua Puluh Tujuh

Novel Anda adalah sebuah karya fiksi, namun itu tidak berarti fakta-fakta Anda tidak perlu lurus. Tidak ada sesuatu yang lebih cepat membuat pembaca berpaling selain fakta yang salah. Dan tidak ada sesuatu yang dapat memberi keotentikan pada cerita selain fakta atau detil yang benar. Gunakan internet untuk melakukan riset. Hal ini dapat dilakukan dengan cepat, mudah, dan murah. Seluruh perpustakaan di dunia terbuka untuk Anda. Lihat, juga, di majalah dan surat kabar yang diterbitkan pada waktu dan di tempat yang sama dengan seting novel Anda.

Gore Vidal menggunakan edisi lama Harper’s Magazine untuk mencari detil saat menulis novel sejarahnya.

Hari Kedua Puluh Delapan

Percakapan berbeda dengan dialog. Dialog memiliki tujuan. Dialog akan membuat cerita maju ke depan. Dialog akan membuat pembaca mengikuti cerita, dan membuat seseorang merasa berada di pusat aksi. Karenanya, jangan menerangkan peristiwa jauh di depan dari tangan kedua. Tempatkan pembaca di tengah-tengah aksi cerita Anda dan dialog Anda pun akan berjalan alami. Jadikan pembicaraan Anda tetap efisien dan kuat. Dan pastikan pembaca selalu tahu siapa yang sedang berbicara.

Hari Kedua Puluh Sembilan

Lihatlah ke cermin dan tulis tentang orang yang Anda lihat. Cobalah dan jelaskan orang yang Anda lihat di dalam cermin kepada orang baru yang belum pernah Anda temui. Pastikan deskripsinya kurang dari 300 kata. Jadikan "orang" ini salah satu karakter dalam novel Anda, baik sebagai tokoh protagonis, narator, atau salah seorang karakter kecil dalam plot.

Hari Ketiga Puluh


Novelis Kurt Vonnegut pernah berkata bahwa, "Bakat adalah sesuatu yang sangat biasa. Yang jarang adalah kesediaan untuk bertahan menjalani kehidupan sebagai seorang penulis. Ini sama seperti membuat kertas dinding dengan tangan untuk seisi gedung Sistine Chapel."

66 komentar:

Unknown mengatakan...

terimakasih

dari 1 jam brosing, tulisan ini yang paling tepat dengan apa yang saya inginkan. saya hendak menulis. judul dan outline-nya dah disiapin namun saya masih tidak tahu sistem penulisannya, apakah dalam bentuk novel atau buku atau yang lain yang lebih sesuai dengan ide yang ingin saya tuangkan.

mohon bantuannya, di : heriantorambe65@gmail.com

terimakasih.

Unknown mengatakan...

wah keren banget , gw jadi terinspirasi pengen bikin novel , thank om john coyne

Unknown mengatakan...

sudah lama saya ingin menulis cerita tapi tak pernah bisa, semua hanya ada di kepala, ,,,
terimakasih artikelnya,,,,,,

Unknown mengatakan...

sudah banyak yang saya tulis ,saya ingin membuat tulisan saya berguna. dan bukan hanya sekedar tulisan. tapi saya tidak tau bagaimana caranya ???

Anonim mengatakan...

mantab

saya andi

Fatih mengatakan...

saya harus jadi penulis yang hebat ... terimakasih

Unknown mengatakan...

tampilan blog nya bagus , caranya gimana ya?

Unknown mengatakan...

ya harus ttp brusaha caiyo

Unknown mengatakan...

wahh,, artukel ini membantu sy bgt,, sy ingin jadi penulis dan ini akan sy jadikan panduan awal untuk belajar untuk jadi penulis,, terimakasih.. ini benar2 membantu lho....

Unknown mengatakan...

weww, langsung punya ide nnihh buat nulis,,, baru belajar nulis nihh, butt keren bgt nihh buat inspirasi.. hehehe. makasihh yahhh

MRC Elfarisi mengatakan...

Menginspirasi,
Terimakasih...

Unknown mengatakan...

makasih....artikel ini sangat membantu saya dan membuat keinginan saya untuk menjadi seorang penulis semakin membara...saya ingin sekali menjdi penulis muda...

Unknown mengatakan...

INSPIRASI SUDAH TERLALU BANYAK, TAPI WAKTU YANG SEDIKIT JIKA PUNYA PEKERJAAN LAINNYA, SEHINGGA TIDAK ADA WAKTU UNTUK MENULIS.. TAPI ARTIKELNYA BAGUS

Unknown mengatakan...

sudah nulis dan dapat 40 hal. dalam satu hari...
tapi, capek nulis karena terlalu banyak bahan, agak ragu bisa selesai sebelum lulus smk... :(

Unknown mengatakan...

keren banget dah...
thanks buat ilmu nya...

Wonder Umma mengatakan...

Nggak usah takut nggak punya waktu.. saya buruh pabrik, kerja dari jam 2 siang pulang jam 2 pagi.. tapi saya bisa buat satu novel dalam satu bulan, terbit januari kemarin :) semua berawal dari niat, dan jangan lupa, berdoa dulu sebelum menulis.. ^_^

Unknown mengatakan...

super banget dah gan, the best :)

Unknown mengatakan...

tulisan ini sangat kaya dan menginspirasi pembacanya.. semoga kelak saya dapat menerapkan gagasan2 yg ada di artikel ini.. :D

Pondok pesantren Tahfidzul Qur'an "Asy-syafi'iyah" mengatakan...

hidup saya penuh dengan kondisi yang tak menentu, dalam menjalani hidup saya lebih senang memikirkan tentang penghayatan hidup (khususnya kehidupan manusia). saya lebih condong menghayati kehidupan yang ada bukan denga logika tapi dengan kata hati. sebenarnya sangat ingin dapat menerbitkan buku sendiri tapi karena merasa kurang mampu maka hal itu menjadi terabaika. sebagian puisi yang saya karang menjadi bahasan yang begitu menarik untuk diceritakan......

IKA ADI SAPUTRA mengatakan...

benar-benar memotivasi saya
hampir 10 judul cerita sudah saya konsep ceritanya
fiksi, fiksi ilmiah, drama dan cerpen.. semua hanya selesai ditengah.....
sulit meneruskan ke ending..
mudah-mudah an dengan narasi yang om sampaikan diatas.. bisa menyelesaikan karangan saya...
trimaksih...
uraian anda adalah yang terbaik dari semua blog tentang belajar menulis novel yang pernah saya kunjungi...

Unknown mengatakan...

keren keren...! makasih info nya. jadi pengen nulis novel cepet-cepet... =)

camencoy mengatakan...

Menulis itu gak gampang. Banyak penulis yang sering stuck ditengah jalan karna kehilangan mood, blank ditengah2 belom lagi penolalakan dari penerbit, itu down seketika. Bayangin aja hasil jerih payah kita, waktu yang kita luangin, semua kembali kerumah lewat pos berupa hardcopy ratusan lembar naskah . Semua itu biasa, rintangan mutlak dan sering bikin frustasi. But never give up. Semua berawal dari niat. Ngomong doang gampang, bukti nyatanya yang sulit. Menulis pakai hati dan imajinasi bukan tuntutan deadline ato materi. :)

anita mengatakan...

nice article. suka. terimakasih. memberi solusi tanpa menggurui..siip

Unknown mengatakan...

makasih ...
bagus..

Senja Rin mengatakan...

bermanfaat dan menyentuh. terimakasih

Ita sriyani mengatakan...

aku ingin membuat novel tentang saudara yg terpisah 25 tahun dan setelah dewasa mereka diprtemukan kmbali dan saling jatuh cinta. karena cinta mereka sangat kuat, shgga mreka ingin bunuh diri saat mengetahui bahwa mereka bersaudara. tapi binging cara buat alur ceritanya. dan gaya bahasa yang enak di baca.

Matahari mengatakan...

Terimakasih pak, artikel ini yang paling saya butuhkan untuk membunuh keraguan saya sebelum mulai menulis novel

K. Niam Ansori mengatakan...

wusss.....lengkap hari-harinya...mantap dah!
kunjungi blog saya juga, ada beberapa cerpen dan tips menulis
http://lukiluck11.blogspot.com
dan ini onlineshop
http://malangshopaphoria.blogspot.com

DESA HUJAN mengatakan...

Saya bertanya tanya apa yang terjadi antara hari ke 31 hingga hari ke 99..

Deva Shastravan mengatakan...

salah judul nih, yang benar 30 hari menulis novel.

Marisaaa mengatakan...

Woah, makasih tips dan caranya. Ini aku sedang menyelesaikan novel :)

Unknown mengatakan...

coba nilai tulisan diari gue dong kucingterbang2.blogspot.com

Unknown mengatakan...

Terima kasih , sangat menginpirasi

Syafiq Blawi mengatakan...

100 hari atau 30 hari nih..???

bob.andrianfe mengatakan...

bagus bagus,, ne da berani nulis walo cuma kolom komentar ente bray,,,

Moch Faizin mengatakan...

Weh weh weh, banyak sekali motivasi yang aku dapat, tapi jelas itu juga tak akan membuat saya bisa menghasilkan karya tulis, jika saya tidak menuliskannya, tapi ini adalah motivasi yang akan saya jadikan cambuk untuk memotivasi saya terus menerus. Salam kenal, tks.

Unknown mengatakan...

keren,, dicoba yaa

http://goo.gl/F0L2er

Unknown mengatakan...

kok cmn 30bkn 100 ?

Unknown mengatakan...

Nice post,

Setiap penulis pasti perlu menguasai penulisan ejaan yang benar. Kebanyakan alasan kenapa naskah ditolak oleh penerbit biasanya karena faktor penulisan.

Kami memberikan pelayanan jasa editing naskah termurah yang pernah ada.
Boleh mampir dulu kesini : https://malkasmedia.wordpress.com/2015/04/27/jasa-editing-naskah/

Kami juga membantu para penulis untuk menerbitkan naskahnya langsung tanpa seleksi.

silakan mampir saja ke tempat kami :)
Terimakasih.

Unknown mengatakan...

Sangat membantu ^^)~
Thanks.

Unknown mengatakan...

sangaaaat membantu sekali

Unknown mengatakan...

terimakasih utk artikelnya sy jd tambah semangat n gk sbar utk memulai menulis novel.. :)

opatimur mengatakan...

Trima kasih, saya pasti mulai, petunjuk yang hebat sangat membantu dan menggqirahkan penulis baru trima kasih

Unknown mengatakan...

Sejak dulu saya ingin menjadi penulis, tetapi saya sering bingung memutuskan jenis tulisan yang cocok untuk saya. tulisan fiksi atau nonfiksi. tetapi setelah saya membaca artikel ini, saya mulai yakin, bahwa saya lebih cocok dengan tulisan fiksi. seperti novel.terima kasih telah memberi inspirasi...

Unknown mengatakan...

Saya yakin saya pasti bisa, tapi Tak ingin jadi penulis yang terkenal itu .melainkan bercurhat diatas kertas mencurahkan isi hati dikehidupan sekarang untuk dikenang oleh para generasi generasi diwaktu yang akan datang, Dan suatu kebanggaan tersendiri jika aku benar benar jadi penulis yang hebat dimasa yang akan datang. Terimakasih artikelnya sangat membantu ni. Salam semuanya, semoga kalian jadi penulis yang terkenal. Wassalam

Bang Try mengatakan...

Terimakasih banget. Ini semacam kunci pembuka jiwa yang beku dan ketika membaca tutorial ini, melelehlah gumpalan es yang membelenggunya.

Kepompong 98 mengatakan...

keren banget ulasannya. trims telah berbagi ilmu bermanfaat ini

muh.nasrullah cahyadi mengatakan...

terima kasih

Unknown mengatakan...

terima kasih.. benar-benar membantu :)

Anggriawanprad mengatakan...

Nice info. Mari berkunjung untuk mendapatkan kumpulan tips-tips menulis yang selalu update https://malkasmedia.wordpress.com/category/tips-penulisan/

Unknown mengatakan...

setelah membaca tulisan di atas saya semakin termotipasi..sudah beberapa judul karya yg saya tulis namun belum satupun yg rampung terselesaikan.thanks bos

Unknown mengatakan...

setelah membaca tulisan di atas saya semakin termotipasi..sudah beberapa judul karya yg saya tulis namun belum satupun yg rampung terselesaikan.thanks bos

LANGKAH SIPUT mengatakan...

saya pernah membacanya dalam sebuah buku terjemahan, ini bukan artikel murni

LANGKAH SIPUT mengatakan...

saya pernah membacanya dalam sebuah buku terjemahan, ini bukan artikel murni

Unknown mengatakan...

bagus

Abdul mengatakan...

Mantap....

Unknown mengatakan...

Okay, Semangaaaaa.....t 45
Follow me, Please....

Mr.nubsah mengatakan...

banyak ide yg sudah saya punya, tapi susah untuk di keluar kan untuk di tulis kan, masih bingun penulisan awalnya

Hermanto76Wib. mengatakan...

sangat bermanfaat bagi para calon penulis (Capen) Bravo and Thanks a lot..

Unknown mengatakan...

Banyak ide"yg keluar lwt mimpi pada saat tidur... Dan itu sudah berlangsung lama... Tp saya masih bingung cara memulainya dan setelah membaca artikel ini pikiran saya mulai terbuka pelan"thankzz yahh..

Wildan Fuady mengatakan...

Sangat membantu.

Silahkan mampir juga ke http://www.bit.ly/pmo-13 ya. Makasih

Wildan Fuady mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Jk. Rowling penulis novel harry potter. Ia pernah ditolak penerbit sebanyak 12 kali. Dan akhirnya ia berhasil menjadi penulis novel yang mendunia berkat Novel harry poternya.

Unknown mengatakan...

Pokoknya harus semangat Menulis. Revisi atau editnya nanti dibelakang. Agar kita bisa mengukur kemampuan kita dalam menulis

Unknown mengatakan...

Jk. Rowling penulis novel harry potter. Ia pernah ditolak penerbit sebanyak 12 kali. Dan akhirnya ia berhasil menjadi penulis novel yang mendunia berkat Novel harry poternya.

Unknown mengatakan...

Saya akan coba,saat ini bermimpi tuk jadi penulis. Saya sangat termotivasi.

Posting Komentar

lugaswicaksono.blogspot.com
 
;