Kamis, 08 Desember 2011

Idealis atau Pragmatis?

Melihat sistem yang terbentuk sedemikian rupa di Negara ini. Pilihan untuk menjadi orang Idealis sudah tidak banyak diminati lagi. Karena bersikap Idealis akan menjadi berbahaya dan betapa tidak menguntungkan bagi kebanyakan orang dewasa ini. Banyak konsekuensi yang harus dihadapi sehinnga masyarakat kebanyakan tidak berani mengambil sikap idealis. Mereka lebih memilih sikap pragmatis yang dianggap lebih “aman” bagi kehidupannya.
Idealisme sendiri adalah suatu ide yang diyakini atas suatu hal yang dianggap benar oleh individu tersebut dan diaplikasikan dalam bentuk perilaku, sikap ataupun cara berpikir. Orang idealis akan memeperjuangkan nilai – nilai yang diyakini benar meski dengan berbagai konsokuensi yang harus dihadapinya.
Seperti halnya Che Guevara, revolusioner Kuba. Ia berjuang untuk menggulingkan sistem pemerintahan Kuba yang dianggap tidak benar. Setelah berhasil ia menjadi tokoh berpengaruh di dunia. Dan masaih banyaktokoh – tokoh hebat yang idealis. Di Indonesia ada nama Tan Malaka, Sukarno, Soe Hok Gie, Munir dll. Karena idealismenya mereka pada akhirnya menjadi tokoh yang dikenang sejarah karena perjuangan - perjuangannya, tapi mereka juga harus tewas karena idealismenya. Kalau jaman sekarang biasanya mereka yang idealis akan dicemooh kebanyakan orang karena dianggap sok benar.
Karena konsekuensi itulah masyarakat pada umumnya memilih bersikap pragmatis saja. Pragmatis adalah apa yang membuktikan dirinya sebagai yang benar dengan perantaraan yang akibat-akibatnya yang bermanfaat secara praktis. menerima segala sesuatu asal membawa akibat praktis yang bermanfaat bagi dirinya. Mereka malas berjuang yang muluk – muluk dan melakukan perlawanan terhadap sistem meskipun mereka tahu sistem itu tidak benar. Karena mereka pesimis dengan kemampuan mereka, malah bisa – bisa membahayakan dirinya. Lebih baik bersikap pragmatis dengan mengikuti sistem pada umumnyadan membenarkan sistem meski tidak benar karena sudah menjadi budaya yang turun temurun, dengan begitu apa yang mereka kerjakan akan aman dan bermanfaat bagi dirinya.
Terserah kalian mau pilih idealis atau pragmatis?

0 komentar:

Posting Komentar

lugaswicaksono.blogspot.com
 
;